Dari Jepara, "Om Telolet Om" Mendunia | Harian Kudus

Dari Jepara, “Om Telolet Om” Mendunia

Sejumlah warga dan anak-anak di Ngabul Jepara berburu suara klakson "Om Telolet Om"
Sejumlah warga dan anak-anak di Ngabul Jepara berburu suara klakson “Om Telolet Om”

Hariankudus.com, Jepara-Belakangan jagad maya dihebohkan dengan maraknya “Om Telolet Om” bahkan artis-artis ternama dari manca negara pun ikut mencuitkan suara klakson bus Indonesia di Twitter.

Ditengah riuhnya politik Indonesia, tiba-tiba muncul hashtag atau tagar #telolet pada deretan trending topic Twitter. Bahkan, tagar tersebut mengalahkan tagar terkait sidang kasus dugaan penistaan agama dan peluncuran uang rupiah tahun emisi 2016.

Telolet sejatinya adalah bunyi suara klakson bus malam atau pariwisata Indonesia dan truk pengangkut barang yang sedang menjadi buruan sejumlah anak-anak di Kabupaten Jepara Jawa Tengah.

Demi mendapatkan bunyi tersebut, mereka rela menunggu atau memburu bus di jalan raya sambil berteriak kepada sopir, “Om telolet Om”. Ada pula sebagian diantara mereka membentangkan spanduk bertuliskan “Om Telolet Om”, tak segan pula melakukan selfie didepan bus yang tengah lewat.

Nah, ketika teriakan permintaan itu mendadak jadi bahan kicauan dua DJ ternama dunia, DJ Snake dan DJ Zeed. Sontak fenomene “Om Telolet Om” menjadi viral. Bahkan kini telah menjadi sorotan beberapa media luar negeri.

Tak hanya itu, beberapa musisi kondang juga mengeluarkan cuitan mengenai fenomena ini. Bahkan, ada yang menciptakan lagu remix dengan tema ‘telolet’ ini. (HKC-002)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *