Tersedia 3,5 M Per Tahun Untuk Kembangkan Desa Wisata | Harian Kudus

Tersedia 3,5 M Per Tahun Untuk Kembangkan Desa Wisata

Prasetyo Ari Wibowo (Batik Kuning)Kadisbudpar Jateng saat Konferensi Pers Collaborative Destination Development di Hotel Crown Plaza Semarang Rabu (7/12)
Prasetyo Ari Wibowo (Batik Kuning)Kadisbudpar Jateng saat Konferensi Pers Collaborative Destination Development di Hotel Crown Plaza Semarang Rabu (7/12)

Hariankudus.com,Semarang-Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menyediakan anggaran untuk pengembangan desa wisata bagi Kabupaten/Kota yang ada di Jateng.

Tidak tanggung-tanggung Pemprov Jateng menganggarkan sebesar 3,5 miliar rupiah per tahun guna mengembangkan desa wisata yang ada diseluruh kabupaten atau kota.

“Sejauh ini telah ada sebanyak 400 desa wista terdaftar, namun hanya 126 diantaranya yang aktif dan menyumbang wisatawan di Jateng,” kata Kadisbudpar Jateng Prasetyo Aribowo saat konferensi pers di Hotel Crown Plaza Semarang Rabu (7/12)

Untuk itu, Prasetyo mendorong semua pihak khususnya pemerintah desa setempat yang memiliki potensi wisata layak dikembangkan segera mengajukan program. Terkait alokasi dana tersebut Prasetyo mengatakan hal itu diperuntukan menggelar berbagai macam pelatihan.

“Bagi desa yang sudah ada Pokdarwisnya bisa ajukan. Kita akan latih bagaimana mengelola desa wisata yang baik seperti pembuatan modul paket wisata, promosi juga pembuatan website,” terangnya

Lebih lanjut dirinya juga meminta supaya bagi desa yang sudah berdiri Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) untuk selalu aktif dan bergabung dalam Forum Komunikasi Desa Wisata Jateng.

“Saat ini baru sebanyak 435 ribu wisatawan yang datang ke Jateng meski sudah ada kenaikan sekitar 20 persen dari target. Tapi potensi desa masih kurang tereksplore,” paparnya (HKC-008)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *