Keren, Kecerdasan Buatan Google Bisa Deteksi Kanker | Harian Kudus

Keren, Kecerdasan Buatan Google Bisa Deteksi Kanker

Kecerdasan Buatan Komputer Google DeepMind
Kecerdasan Buatan Komputer Google DeepMind

Hariankudus.com,Jakarta-Semua kemungkinan dapat saja terjadi baik atas dasar usaha manusia atau kehendak semesta termasuk perangkat komputer didalamnya yang merupakan produk buatan.

Baru-baru ini, Ilmuwan dari Harvard Medical School (HMS) dan Beth Israel Deaconess Medical Center (BIDMC) sedang mengembangkan cara untuk melatih kecerdasan buatan (AI) untuk membaca dan mengintepretasikan gambar patologi. Tujuannya kedepan akan menjadi alat pembantu dokter khususnya untuk mendiagnosa penyakit secepat mereka saat ini.

Andrew Beck dari BIDMC menjelaskan metode yang kelak akan digunakan dapat melatih AI untuk mengenali pidato, gambar dan objek. Hal itu sudah pernah dibuktikannya dalam kompetisi di Simposium Internasional tahunan Biomedical Imaging, di mana AI ditugaskan untuk mencari kanker payudara di gambar kelenjar getah bening.

Belakangan, terkabar pula ratusan hasil CT Scan dan MRI dari mantan pasien radioterapi anonim di University College London Hospitals (UCLH) akan dianalisis oleh Mesin Kecerdasan Google, DeepMind. Tujuannya untuk mengembangkan algoritma yang secara otomatis dapat membedakan antara jaringan sehat dan kanker.

Segmentasi ini dibutuhkan untuk pasien kanker kepala dan leher. Pihak UCLH mengklaim proses ini diharapkan bisa memotong perawatan radioterapi target dari empat jam menjadi satu jam. Namun keputusan melakukan pengobatan itu tentu harus tetap dengan tanggungjawab dokter.

Peneliti Tumor Otak, Dr. Kieran Breen yang tidak terlibat dalam riset ini mengatakan bahwa salah satu tantangan dalam pengobatan tumor, terutama pada otak dan leher adalah kompleksitasnya. “Ini bisa jadi salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan yang sudah kita punya,” katanya seperti dilaporkan BBC.

Ahli dari Cancer Reasearch UK, Dr Justine Alford mengatakan, penggunaan komputer bisa membantu rencana radioterapi dalam pengobatan yang lebih baik dengan cepat dan meningkatkan akurasi. Tentu saja tingginya akurasi ini harapannya bisa mengurangi efek samping dari pengobatan tersebut (HKC-002)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *