Kunjungi Hamburg, Walikota Surabaya Belajar Tata Kelola Pelabuhan dan Transportasi | Harian Kudus

Kunjungi Hamburg, Walikota Surabaya Belajar Tata Kelola Pelabuhan dan Transportasi

Kunjungan Walikota Surabaya ke Hamburg pada tanggal 17 – 18 November 2016.
Kunjungan Walikota Surabaya ke Hamburg pada tanggal 17 – 18 November 2016.

Hariankudus.com, Surabaya– Walikota Surabaya Tri Rismaharini beberapa waktu lalu melakukan kunjungan Ke Kota Hamburg Jerman. Dalam kesempatan itu, selain agenda utama Risma menghadiri forum German Asia-Pacific Business Association (OAV) Annual Meeting 2016. Pihaknya juga berkesempatan belajar tata kelola pelabuhan dan transportasi umum.

Menurut Risma, Hamburg sebagai sebuah kota yang tak beda jauh dengan Surabaya dikenal dengan sistem pendidikan dari sekolah dasar hingga menengah yang sangat kompetitif, juga dinilai berhasil dalam tata kelola pelabuhan serta transportasi umum.

“Untuk itu selama dua hari kemarin terhitung mulai 17 sampai 18 November 2016. Selain tiga agenda utama melakukan courtesy call dengan Wakil Walikota Hamburg dan menghadiri GAP Business Association (OAV) Annual Meeting 2016. Saya berusaha belajar hal lain disana,” terang politisi PDIP itu.

Selama kunjungan, Walikota Surabaya Tri Rismaharini bersama beberapa pejabat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur dan otoritas pelabuhan kawasan Jawa Timur diterima langsung oleh Wakil Walikota Hamburg Katharina Fegebank.

Hamburg yang merupakan negara bagian dengan status city-state memang mempunyai keunggulan terbaik di bidang maritim serta logistik selain memiliki pelabuhan terbesar di Jerman. Dari sisi pendidikan, wilayah Hamburg juga merupakan salah satu negara bagian dengan tingkat kepuasan A Level/Abitur tertinggi di Jerman, yakni mencapai rata-rata 56%.

Selama berada di Jerman Walikota Surabaya Tri Rismaharini berkesempatan mengunjungi dan menggelar dialog dengan berbagai organisasi dan institusi di bawah Pemerintah Negara Bagian Hamburg yaitu Kantor Kementerian urusan Sekolah dan Pelatihan Kejuruan Hamburg (BSB Hamburg); Kementerian urusan Ekonomi, Transportasi dan Inovasi Hamburg; Hamburg Port Authority (HPA) dan Hochbahn AG.

“Hamburg memiliki karateristik serupa dengan Surabaya. Selain sama-sama sebagai kota terbesar ke-2 juga merupakan lokasi industri maritim terbesar di Jerman. Kalau Surabaya ada Pelabuhan Tanjung Perak dan industri galangan kapal berskala nasional dan internasional. Mengingat adanya karakteristik yang serupa kerjasama komprehensif dan saling menguntungkan antar kedua kota mungkin saja dilakukan,” terangnya dalam rilis.

Tak hanya itu, sebagai tamu kehormatan pada tanggal 17 November 2016, Risma diberi kesempatan memberikan presentasi singkat di hadapan 120 orang peserta dalam German Asia-Pacific Business Association (OAV) Annual Meeting 2016. (HKC-008)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *